Patung Raksasa Firaun Berumur 3.000 Tahun Ditemukan di Mesir

G+

KAIRO - Sebuah tim arkeolog telah menemukan patung raksasa Raja Firaun Mesir, Ramses II, yang berumur sekitar 3.000 tahun. Departemen Purbakala Mesir menggambarkannya sebagai salah satu penemuan arkeologi paling penting.

Tim arkeolog dari Mesir dan Jerman telah mulai menggali dan mengevakusi patung raksasa yang tingginya sekitar 30 kaki atau lebih dari 9 meter. Patung raksasa Firaun ini ditemukan di Matariya.

Dietrich Raue dari University of Leipzig, yang mengepalai tim arkeolog Jerman mengatakan penemuan itu bagian dari proses penggalian yang dimulai pada 2012.

”Itu di daerah yang hampir sepenuhnya diteliti,” kata Raue. Tim telah menemukan basis basalt di sebuah situs yang rusak.”Kami pikir (situs itu) akan kosong tanpa fitur apapun, jadi ini merupakan kejutan besar,” lanjut Raue, seperti dikutip dari CNN, Sabtu (11/3/2017).

Menteri Purbakala Mesir Khaled al-Anani yang berada di situs tersebut mengatakan, patung yang ditemukan memang kemungkinan besar merupakan patung Firaun Ramses II atau dikenal sebagai Ozymandias.

Kepala Urusan Barang Antik Mesir Kuno di Kementerian Purbakala Mesir, Mahmoud Afifi, mengatakan patung raksasa tersebut sedang diidentifikasi, karena tidak ada tulisan yang menunjukkan bahwa itu patung Ramses II.

Meski demikian, lanjut Afifi, penemuan patung itu berada di dekat pintu gerbang sebuah kuil yang didedikasikan untuk Ramses II. Dengan demikian, Afifi juga meyakini bahwa patung itu merupakan patung Firaun Ramses II.

Ramses II merupakan Raja Mesir Kuno yang dikenal sebagai “Leluhur Besar”. Dia memerintah Mesir Kuno selama 66 tahun pada 1279-1213 Sebelum Masehi (SM). Ramses II dalam riwayatnya pernah menaklukkan Nubia—atau kini dikenal sebagai Sudan—dan Suriah.


Sumber : Sindonews.com
Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...