Kedelai Baik Untuk Penderita Kanker Payudara, Simak Penjelasannya!

G+

Sebuah studi mengklaim, mengonsumsi lebih banyak kedelai dapat melangsungkan hidup yang lebih baik bagi para wanita penderita kanker payudara.

“Semua wanita atau semua penderita kanker payudara dapat menambahkan kedelai sebagai komponen dari diet yang sehat,” kata penulis utama studi, Dr Fang Fang Zhang, ahli nutrisi dan ilmu kebijakan dari Tufts University di Boston dilansir dari Reuters dan dikutip dunianews.net dari Analisadaily.com Minggu (12/3/2017).

Penelitian memfokuskan pada isoflavon, senyawa dalam kedelai yang dapat ditemukan dalam makanan seperti tahu, miso, edamame dan susu kedelai. Isoflavon dikenal sebagai phytoestrogen yang secara kimiawi dan struktural mirip dengan hormon seks wanita estrogen.

Mereka menemukan link terkuat antara kedelai dan kelangsungan hidup untuk wanita dengan bentuk agresif tertentu dari kanker payudara yang tidak dapat diobati dengan hormon.

"Temuan kami, diambil bersama-sama, menunjukkan konsumsi makanan kedelai tidak memiliki efek berbahaya bagi wanita yang diobati dengan terapi endokrin. Tetapi manfaat mungkin terbatas pada wanita dengan reseptor hormon tumor negatif atau mereka yang tidak diobati dengan terapi endokrin," tandas Zhang.

Selama penelitian, wanita yang lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai diklaim 21 persen lebih kecil risiko meninggal dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kedelai dalam jumlah kecil.


Sumber : Analisadaily.com


Loading...
Follow Us :

About Redaksi News

    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...