Ini yang Terjadi pada Mata Saat Kamu Tidur

G+

Jakarta, Dunianews.net - Tidur, apapun yang kamu pikirkan tentang itu, kita pasti menemukan diri kita tidur dengan mata yang tertutup dan bangun pada pagi harinya dengan mata yang terbuka. Mengapa itu semua terjadi di mata?

Jawaban ilmiahnya, karena mata perlu tidur dan harus ditutup sepanjang malam. Mata perlu ditutup untuk menghasilkan air secara alami yang fungsinya untuk mencuci mata kita.

Mata kita perlu tetap lembab oleh lapisan air mata setiap saat. Pada siang hari, kita berkedip untuk mencuci mata dengan lapisan air mata agar mata memperoleh oksigen, serta membasuh limbah atau kotoran seperti debu yang mengakibatkan iritasi pada mata.

Darimanakah air mata mengalir? Jika kamu melihat di cermin dan menarik sudut mata ke bawah, yang paling dekat dengan hidung, di bagian dalam kelopak mata bawah, kamu akan melihat sebuah lubang kecil.

Ini adalah salah satu rute keluar air mata. Nama ilmiah untuk lubang tersebut adalah puncta lakrimal. Dari sini air mata akan mengalir pergi ke beberapa tabung, sebelum akhirnya lewat ke dalam hidung.

Itulah sebabnya mengapa hidung kita bergerak, dan terkadang mengeluarkan air ketika kita sedang menangis.

Ketika kita tidur drainase air mata kurang efisien, karena kita tidak berkedip. Oleh karena itu, air mata menggantung di sekitar celah mata. Saat tidur, air mata kita memproduksi banyak komponen termasuk air, enzim mucin mucusy, minyak, protein, dan beberapa molekul kecil lainnya.

Ketika air mata menggantung di sekitar, kombinasi dari udara kering di sekitar dan panas tubuh menyebabkan komponen air dari air mata perlahan-lahan menguap.
Oleh karena penguapan, sisa air mata yang ada akan menjadi tebal dan akan ditemukan menggumpal di celah mata menjadi satu endapan.

Lalu mengapa mata kita membutuhkan tidur yang lebih ketika kita mengalami sakit? Itu semua terjadi ketika kita sedang berada dalam keadaan stres, flu, kedinginan, alergi atau yang lainnya. Hal ini menyebabkan mata menjadi semakin banyak memproduksi endapan di celah mata.

Produksi lendir adalah salah satu respon tubuh terhadap peradangan. Tubuh membuatnya untuk membentuk lapisan pelindung di atas jaringan untuk mencegah kerusakan inflamasi.

Karena hubungan yang erat antara hidung dan mata, jika kamu memiliki lebih banyak lendir di hidung, beberapa akan mengalir kembali ke mata ketika berbaring, dan akhirnya mengendap.

Tidak hanya kelebihan lendir membuat mata kamu menjadi banyak endapan, namun juga dapat mengiritasi mata. Produksi air mata yang lebih, akan membersihkan lendir yang ada. Ini sebabnya mata kita berair saat hidung kita tersumbat, ataupun saat bersin.


Sumber

Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...