90 Ribu Anak Meninggal Karena Kanker Di Setiap Tahun

G+

Jakarta, Dunianews.net - Kanker ternyata tak cuma mengancam orang dewasa saja. Anak-anak berusia 18 tahun juga berpotensi mengidap kanker.

Data dari Kementerian Kesehatan mengungkapkan bahwa setiap tahunnya, ada lebih dari 175 ribu anak di dunia didiagnosis mengidap kanker. Sekitar 90 ribu di antaranya meninggal dunia.

Dokter Lily Sulistyowati, Direktur P2PTM Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan, meski jumlah anak penderita kanker tidak lebih dari dua persen dari keseluruhan penyakit kanker, namun hal ini tak boleh diremehkan.

Pasalnya, kanker adalah penyebab kematian kedua terbesar pada anak di usia 5-14 tahun.

Data tersebut mengungkapkan bahwa angka kematian anak yang terkena kanker mencapai 50-60 persen.

Menurut Sistem Registrasi Kanker di Indonesia pada 2005-2007, sembilan dari 100 ribu anak usia 0-17 tahun mengidap kanker. Angka ini makin tinggi pada anak usia 0-5 tahun yaitu 18 per 100 ribu anak.

Sedangkan pada usia 5-14 tahun angkanya mencapai 10 per 100 ribu anak.

"Berbeda dengan kanker pada orang dewasa, kanker pada anak lebih sulit diketahui, karena anak pada umumnya belum mampu mengungkapkan apa yang dirasakan," kata Lily di Jakarta, Senin (20/2).

Karena itu, Lily melanjutkan, orang tua dan tenaga kesehatan harus mengenali berbagai penyakit kanker yang sering menyerang anak-anak. Dan yang tak kalah penting, mengenali gejala-gejala dari masing-masing penyakit tersebut.


Sumber

Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...