Spotify Bersiap Akuisisi Soundcloud

G+

Jakarta, Dunianews.net -- Layanan streaming musik Spotify kabarnya sedang dalam tahap diskusi intens dengan Soundcloud terkait rencana untuk mengakuisisi perusahaan asal Jerman tersebut.

Diskusi bisnis antara keduanya kabarnya akan bertujuan untuk memperkaya konten yang dimiliki Spotify.

Time mengatakan akuisisi ini akan membawa keuntungan bagi Soundcloud ang sejauh ini dicap sebagai layanan yang ketinggalan jaman dibanding layanan serupa milik kompetitor.

Soundcloud sendiri pada Juni lalu baru saja mendapatkan suntikan dana segar. Layaknya layanan serupa, Soundcloud juga menghadirkan fitur berbayar, Soundcloud Go yang tidak mampu menarik perhatian pengguna.

Hingga Maret 2016, layanan berbayar tersebut hanya mampu mencatatkan satu juta pelanggan dengan total pendapatan sekitar US$100 juta.


Baca Juga : SoundCloud Terancam Gulung Tikar

Pihak terdekat kepada Financial Times menyebut hal inilah yang menjadi salah satu pertimbangan Spotify dalam menyiapkan skema bisnis kedepannya jika proses akuisisi berhasil. Terlebih di pertengahan 2017, Spotify berencana untuk go public.

Jika proses negosiasi berjalan lancar, analis memperhitungkan mahar yang harus disiapkan Spotify yakni sesuai nilai valuasi Soundcloud yakni US$700 juta (sekitar Rp9,2 triliun).

Namun perusahaan yang dipimpin Jan Koum ini tidak serta merta menjadi perusahaan yang kekurangan dana, Mengingat saat ini perusahaan tersebut juga mendapatkan investasi dari Twitter senilai US$70 juta atau sekitar Rp912 miliar.

Meski minim informasi, juru bicara Soundcloud mengatakan investasi yang diperoleh akan digunakan untuk memfasilitasi dan menginspirasi budaya kontemporer sekaligus menjaring lebih banyak pengguna di seluruh dunia.


Baca Juga : Samsung Diam-diam Rancang Ponsel Layar Lipat dan Galaxy Baru

Spotify sendiri hingga saat ini telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif per bulannya. Di awal September, CEO Daniel Ek mengumumkan layanannya memiliki 40 juta pelanggan berbayar dan telah memperluas cakupan ketersediaan di 60 negara.


Sumber : CNN Indonesia
Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...