Mourinho Dukung Piala Dunia 48 Tim

G+


Jakarta, Dunianews.net -- Manajer Manchester United, Jose Mourinho mendukung gagasan Piala Dunia 48 tim karena hal itu bakal menguntungkan klub dan juga penggemar sepak bola.

Presiden FIFA Gianni Infantino berharap Piala Dunia 2026 bakal diikuti 48 tim dengan format 16 grup berisikan tiga negara di tiap grupnya.

Bagi Mourinho, ide tersebut adalah ide yang layak didukung lantaran mengurangi jumlah pertandingan yang harus dimainkan meskipun jumlah peserta bertambah banyak.

"Saya mendukung gagasan ini. Sebagai manajer klub, bila penambahan negara peserta berarti laga lebih banyak dan minim jadwal libur dan pramusim bagi pemain, tentu saja saya berkata tidak."

"Namun pengembangan ini tak berarti jumlah pertandingan jadi lebih banyak. Pemain lebih terlindungi dan begitu pula klub," ujar Mourinho seperti dikutip dari situs resmi FIFA.

Di Piala Dunia sebelumnya, tiap negara memainkan tiga laga di penyisihan grup dan dengan format tiga negara, maka setiap negara hanya akan memainkan dua laga saja di babak penyisihan.

Selain itu laga di fase knock-out pun tak jadi bertambah banyak karena langsung masuk ke babak 16 besar.

Menurut Mourinho, pemangkasan laga di babak penyisihan itu berarti juga bakal meningkatkan tensi persaingan di Piala Dunia dan bakal membuat turnamen tersebut makin menarik.

"Saya setuju dengan format dua pertandingan di babak penyisihan kemudian masuk fase knock-out. Jadi tim yang kalah akan langsung pulang dan babak knock-out akan memunculkan tensi dan emosi yang lebih besar."

"Tim yang kurang kompetitif tetap akan mendapatkan pengalaman berharga meski hanya tampil di dua laga babak penyisihan. Mereka juga mendapatkan keuntungan ekonomi lantaran bisa tampil d i putaran final," kata Mourinho.

Mourinho juga meyakini putaran final dengan jumlah peserta lebih besar berarti Piala Dunia akan lebih global.

"Lebih banyak negara yang tampil itu berarti akan membuat turnamen ini lebih bergairah, lebih menggembirakan, dan lebih banyak antusiasme yang akan hadir."

"Lebih banyak negara itu berarti benua Afrika, Asia, dan Amerika akan lebih terlihat bersama," kata mantan manajer Chelsea ini.


Sumber : CNN Indonesia
Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...