Duduk 10 Jam Sehari Bikin Sel Tubuh Menua 8 Tahun Lebih Cepat

G+

Jakarta, Tuntutan pekerjaan memaksa orang kantoran menghabiskan sebagian besar waktunya untuk duduk seharian. Kondisi ini membuat umur metabolik menua hingga 8 tahun lebih cepat.

Ini terungkap dalam sebuah penelitian di California University di San Diego yang melibatkan 1.400 perempuan berusia 64 tahun hingga 95 tahun. Penelitian ini dipublikasikan di American Journal of Epidemiology.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa duduk 10 jam sehari ditambah dengan kurang aktivitas fisik membuat sel-sel tubuh menua lebih cepat. Dikutip dari news.com.au, mereka yang berolahraga kurang dari 40 menit sehari mengalami dampak paling besar.

Dalam penelitian tersebut, para perempuan yang menghabiskan lebih banyak waktunya untuk duduk memiliki telomere yang lebih pendek. Telomere yang merupakan bagian dari DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) yang pendek sering dikaitkan dengan umur juga lebih pendek.

Berbagai penelitian sebelumnya mengaitkan telomere pendek dengan risiko penyakit mematikan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kanker-kanker serius. Memendeknya telomere bisa terjadi akibat pengaruh gaya hidup, seperti kegemukan dan kurang olahraga.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan olahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit tiap pekan, atau kurang lebih 30 menit tiap hari. Bagi yang banyak duduk, dianjurkan sering-sering meluangkan waktu bergerak atau melakukan aktivitas fisik ringan misalnya berjalan-jalan.


Sumber : detik

Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...