5 Hal yang Harus Diperhatikan Pasien Penyakit Kronis Saat Liburan

G+

Jakarta - Libur panjang telah tiba. Semua orang, termasuk pasien penyakit kronis, tentunya ingin memanfaatkan waktu libur dengan maksimal bersama keluarga, sahabat dan orang terkasih.

Meski begitu, penyakit kronis yang diidap pasien terkadang bisa jadi hambatan. Beberapa penyakit seperti hipertensi, jantung, diabetes, ginjal dan penyakit kronis lainnya memerlukan kewaspadaan khusus di musim liburan agar tetap terkontrol.

Hal utama yang tak boleh dilupakan pasien penyakit kronis saat liburan tentu adalah obat rutin. Bila perlu, sampaikan pada sanak saudara dan kerabat untuk mengingatkan bila waktu minum obat telah tiba.

Selain obat, apa lagi kira-kira hal yang perlu diperhatikan? Nah, dikutip dari Huffington Post, berikut 5 hal lain yang juga harus diperhatikan pasien penyakit kronis saat liburan:

1. Jangan malu minta pertolongan
















 
Menjadi pasien penyakit kronis tentunya bukan hal yang mudah. Setiap hal, mulai dari porsi makan, jenis makanan hingga aktivitas yang boleh dilakukan sangat terbatas.

Oleh karena itu, jangan ragu dan malu saat ingin meminta pertolongan. Mintalah pertolongan pada sanak saudara jika Anda membutuhkan bantuan untuk pergi ke toilet atau menuju tempat tertentu.

2. Perhatikan menu makanan
















 





Jamuan makan malam bersama keluarga besar merupakan salah satu agenda liburan yang ditunggu. Oleh karena itu, jangan sampai agenda yang seharusnya menyenangkan menjadi kekecewaan ketika Anda tidak bisa bergabung karena penyakit.

Sebaiknya informasikan kepada keluarga besar soal penyakit Anda, dan makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan. Ada baiknya juga bagi Anda untuk menyiapkan makanan sendiri dari rumah jika memungkinkan.

3. Secukupnya saja

 
























Berkumpul bersama orang-orang terdekat, apalagi ditambah suasana yang menyenangkan bisa membuat seseorang berlebihan dalam melakukan sesuatu, baik itu konsumsi makanan, camilan maupun aktivitas fisik.

Bagi Anda yang memiliki penyakit kronis lebih baik menahan diri untuk tidak terlalu berlebihan dalam makan dan melakukan aktivitas untuk menghindari risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Hindari perjalanan terlalu jauh















 


Pasien penyakit kronis memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah daripada sebagian besar orang. Maka dari itu, kesehatan fisik harus dijaga dengan tidak melakukan perjalanan terlalu jauh.

Daripada harus menempuh perjalanan 10 jam untuk pulang kampung, ada baiknya Anda yang mengundang saudara, keluarga, atau kerabat ke kediaman Anda untuk berkumpul merayakan liburan.

5. Jangan lupakan nomor darurat















 




Penting diingat, pasien penyakit kronis sewaktu-waktu dapat mengalami kejadian yang tidak diinginkan saat liburan. Oleh karena itu, jangan lupakan nomor telepon gawat darurat seperti ambulans atau rumah sakit.

Perhatikan juga kartu asuransi Anda agar tidak melewati batas waktu sehingga bisa digunakan jika diperlukan.




Sumber : detik














Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...