Demi dapat Pekerjaan, Pelajar di China Operasi Plastik ke Korea

G+

Jakarta - Salah satu cara instan untuk mempercantik penampilan adalah dengan operasi plastik. Tak hanya orang dewasa saja, bahkan operasi plastik kini juga digandrungi pelajar. Mereka rela melakukannya untuk memperbaiki penampilan agar mudah dapat pekerjaan.

Seperti dikutip dari China Daily, jumlah pelajar yang melakukan operasi plastik sangat meningkat di China. Terlebih lagi, selama liburan musim panas dan dingin. Mereka melakukan operasi plastik itu dengan bertandang ke negara tetangga, Korea Selatan.

Pada 2012, sekitar 25 persen pasien bedah plastik di Korea Selatan adalah pelajar dari China. Mereka mengaku memilih tindakan bedah itu demi meningkatkan rasa percaya diri, dan mendapatkan tawaran pekerjaan lebih baik.

Operasi plastik yang paling populer dilakukan oleh pelajar tersebut adalah perbaikan mata dan hidung. Selain itu, operasi membentuk kembali wajah, perbaikan tulang rahang, dan sedot lemak, juga populer.

Zou Jiahong yang masih berusia 22 tahun, merupakan mahasiswa di Qingdao, Provinsi Shandong. Ia adalah satu dari sekitar tujuh juta mahasiswa China yang akan lulus tahun depan.

"Saya telah mengikuti lusinan wawancara sebelumnya. Meskipun mereka tidak mengatakan secara terbuka, tapi pengusaha cenderung memilih pelamar yang cantik," ungkap Zou.

Dengan dukungan dari orang tuanya, sebulan yang lalu, Zou pergi ke Korea Selatan untuk menjalani operasi plastik pada tulang rahang dan kelopak mata. "Bahkan ayah saya mengatakan saya berubah dari itik buruk rupa menjadi angsa cantik," jelas Zou.

"Saya percaya bahkan sedikit perbedaan dalam penampilan memiliki pengaruh langsung terhadap kesempatan saya untuk mendapatkan peluang yang lebih baik," tambahnya.

Mengenai hal ini, Wang Kaiyu, peneliti sosiologi pada Akademi Ilmu Sosial Anhui langsung merasa prihatin. "Berburu pekerjaan bukanlah kontes kecantikan. Bakat dan kemampuan kerja masih tetap faktor yang paling penting," jelasnya.


Sumber : detikcom
Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...