Pertama Kali ke Final, Indonesia Langsung Juara

G+

Jakarta - Timnas Indonesia merengkuh gelar juara Piala AFF U-19 setelah mengalahkan Vietnam di babak final. Itu adalah gelar perdana 'Garuda Muda' dari final pertamanya di turnamen ini.

Bertempat di Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (22/9/2013), Indonesia menundukkan Vietnam lewat adu penalti 7-6 setelah kedua tim bermain imbang 0-0 sampai babak perpanjangan waktu.

Di babak tos-tosan, kemenangan Indonesia ditentukan setelah tendangan penalti Ilham Udin sukses membobol gawang Vietnam.

Dengan gelar juara ini, Indonesia menjadi negara Asia Tenggara keempat yang berhasil menjadi kampiun setelah sebelumnya diraih Vietnam, Myanmar dan Thailand.

Sejak diselenggarakan pertama pada 2002, Australia dan Thailand menjadi pemegang gelar terbanyak dengan masing-masing tiga kali juara. Masing-masing sekali juara adalah Iran, Vietnam, Myanmar dan Indonesia.

Di turnamen ini, Indonesia mempunyai rekor buruk. Dalam sembilan edisi sebelumnya, prestasi terbaik 'Merah Putih' hanya mentok sampai fase grup yang terjadi pada 2002, 2005 dan 2011.


Sumber : detikcom
Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...