Gunung Sinabung Ditutup untuk Aktivitas Pendakian

G+

Karo - Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) menutup Gunung Sinabung dari aktivitas pendakian karena kondisi gunung yang berstatus siaga. Semua kalangan dilarang mendaki hingga waktu yang belum ditentukan.

Pengelola objek wisata Gunung Sinabung, Pelin Sembiring menyatakan penutupan ini dilakukan karena mempertimbangkan aspek keamanan.

"Masih belum dipastikan sampai kapan, sampai ada perubahan status gunung. Jika memang sudah memungkinkan, maka pendakian akan diizinkan," kata Sembiring kepada wartawan, Rabu (18/9/2013), di titik awal pendakian Danau Kawar, Desa Kuta Gugung, Kecamatan Naman Teran.

Penutupan itu berlangsung sejak hari pertama Sinabung meletus. Di sejumlah areal di Danau Kawar sudah ditempelkan stiker berisi pemberitahuan tentang penutupan jalur itu. Stiker itu dikeluarkan Polres Karo.

Ketika Gunung Sinabung meletus pada Minggu (15/9) dinihari sebanyak 60 pendaki diketahui sedang berada di puncak maupun lereng gunung. Seluruh pendaki akhirnya bisa turun dengan selamat.

Kendati gunung masih berbahaya, ada juga yang masih melakukan pendakian. Pada saat Sinabung meletus yang kedua kali Selasa (17/9) siang, 6 orang pendaki juga sedang berada di puncaknya, namun akhirnya bisa turun dengan selamat.


Sumber : detik.com
Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...