BMW dan Boeing Bergandeng Tangan

G+


Jakarta (Dunianews) - Saat ini, produsen mobil berlomba-lomba untuk membuat mobil yang lebih ringan dibanding beberapa tahun lalu. Serat karbon dianggap menjadi alternatif pilihan. BMW dan Boeing pun bekerja sama untuk mengembangkan bahan serat karbon yang lebih baik dari yang ada sekarang.

Kerja sama antara produsen mobil dan produsen pesawat itu adalah untuk bersama-sama meneliti daur ulang serat karbon serta berbagi pengetahuan manufaktur dan mengeksplorasi peluang.

Saat ini, baik BMW maupun Boeing sedang merintis penggunaan serat karbon pada produk mereka. Bahan serat karbon sendiri saat ini banyak digunakan oleh produsen supercar. Bahan ini jauh lebih ringan dari bahan lain yang biasa dipakai mobil pada umumnya, sayangnya, bahan ini juga jauh lebih mahal.

BMW nampaknya tengah mencari cara untuk mereduksi biaya serat karbon tanpa mengurangi spesifikasi bahan tersebut. Sebab pada akhir 2013 BMW hendak mengeluarkan mobil listrik i3 yang akan diikuti kemudian oleh BMW i. Sementara tubuh pesawat Boeing 787 Dreamliner terdiri dari 50 persen bahan serat karbon.

"Boeing bagi kita adalah mitra yang cocok untuk kerjasama di bidang serat karbon", kata Herbert Diess, Anggota Dewan BMW AG.

"Boeing telah bertahun-tahun memiliki pengalaman yang luas menggunakan serat karbon di bidang penerbangan, sedangkan BMW Group telah memperoleh keunggulan kompetitif yang signifikan melalui penggunaan metode produksi khusus untuk produksi serat karbon. Melalui kerjasama ini kita dapat menggabungkan pengetahuan antara industri kami di bidang solusi produksi yang berkelanjutan," jelasnya.

Sementara Boeing Commercial Airplanes vice president of Product Development, Larry Schneider mengatakan kalau perjanjian kerjasama ini merupakan langkah maju yang sangat penting dalam mengembangkan, menggunakan dan menyelesaikan penggunaan bahan serat karbon.

"Kami ingin mencari cara untuk memperoleh kembali dan menggunakan kembali bahan-bahan untuk membuat produk baru. Pekerjaan kami dengan BMW Group akan membantu kita mencapai tujuan itu," katanya.



Sumber : detik.com
Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...