Nanti, PlayStation 3 Bisa Mengenali Pemiliknya

G+

Jakarta (Dunianews) - Saat ini Sony sedang mengembangkan teknologi terbaru untuk PlayStation 3. Bukan untuk meningkatkan kualitas grafis atau sejenisnya, tapi sebuah fitur yang mampu mengenali gamer si pemilik konsol.

Pada bulan Mei 2012 Sony Computer Entertainment mengajukan aplikasi permohonan hak paten mengenai keamanan biometrik. Bukan hal baru memang, sebab sejumlah perangkat seperti ponsel dan Kinect pun sudah memiliki fitur pengenal wajah untuk keperluan itu.

Namun paten yang diajukan ini sedikit berbeda, Sony mendeskripsikannya dengan proses dan peralatan yang mampu mengidentifikasi pemilik barang elektronik. Intinya, apa pun perangkat itu nanti, akan bisa mengenali siapa pemiliknya atau siapa yang sedang menggunakannya.

Lebih hebatnya lagi, di situ juga dituliskan bahwa sistem kemanan ini tidak menggunakan password atau kode apa pun untuk otentifikasi, perangkat itu bisa dengan seketika mengetahui siapa penggunanya.

Sony memang tidak secara detail menyebutkan teknologi tersebut, mereka hanya menyebutkan sensor biometrik yang mungkin berarti sensor sidik jari, sensor tangan, sistem pengenalan wajah, scanner retina, analisa pola suara, dan analisa DNA.

Jadi bisa saja, nantinya PlayStation 3 mampu mengenali siapa saja yang menggunakannya. Eits.. tapi untuk apa?

Sony mungkin akan menerapkan teknologi tersebut untuk memberantas pembajakan, atau bisa juga untuk membatasi konten agar sesuai dengan usia pemain. Tapi bisa juga, teknologi ini dipakai untuk sarana para pengiklan.

Kira-kira seperti ini gambar paten teknologi yang diajukan Sony. Seperti dikutip detikINET dari PlayStation Lifestyle, Sabtu (21/9/2012).


Sumber : detik
Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...