Bahaya! Anak Habiskan Waktu di Depan Layar

G+

London: Seiring perkembangan zaman, teknologi semakin canggih. Anak-anak pun menjadi korbannya. Bahkan layar monitor dan televisi (TV) menjadi babby sitter elektronik dalam kehidupan mereka. Anak-anak zaman sekarang menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar TV ataupun komputer dibandingkan melakukan kegiatan olahraga.

Dalam sebuah penelitian, anak-anak di Inggris duduk di depan layar televisi dan komputer selama 4,5 jam dalam sehari. Yakni, rata-rata anak-anak menghabiskan waktu 1 jam 50 menit untuk online dan 2 jam 40 menit di depan televisi setiap harinya.

Selain itu, dalam penelitian tersebut juga menunjukkan sebanyak 97 persen anak berusia 11 tahun hingga 16 tahun memiliki ponsel. Dengan ponsel tersebut peneliti dari akademisi memperingatkan, anak-anak belajar bagaimana mengakses situs porno.

Dr Emma Bond, seorang ahli dalam studi masa kanak-kanak dan remaja, mengatakan, orang dewasa hendaknya memikirkan cara keluar dari masalah ini karena anak-anak mudah terpengaruhi."Penelitian ini menunjukkan bagaimana anak-anak menggunakan ponsel dalam mendapatkan materi seksual, mengembangkan identitas seksual mereka, dan dalam hubungan intim mereka satu sama lain," tambahnya seperti dilansir DailyMail, Selasa (1/2).

Dalam laporan 2010 hingga 2011, anak-anak menghabiskan waktu hanya dua jam seminggu untuk berolahraga di sekolah dan mengambil kegiatan fisik di luar sekolah.

Sebanyak dua dari tiga anak berusia antara 5 dan 16 tahun, dan 77 persen anak usia 11 tahun sampai 16 tahun , memiliki televisi sendiri atau komputer pribadi. Meski ada kekhawatiran tentang keamanan online, hampir setengahnya telah dapat akses internet di kamar mereka sendiri.

Studi ini mempertanyakan tentang TV, komputer, dan kebiasan membaca, pada hampir 2.500 anak usia 5 hingga 16 tahun. Temuan ini menunjukkan hasil yang paling tinggi adalah mereka online setiap hari dan menghabiskan banyak waktu mereka pada jaringan sosial dan situs berbagi video seperti YouTube. Meski internet populer, masih ada generasi yang menjadi salah satu pecandu televisi.

Untuk mengakses Facebook memang dibatasi umur, namun lebih dari 2 juta anak di bawah umur yang memiliki profil di situs jejaring sosial. Hal ini disebut sebagai situs favorit mereka. Penelitian ini menemukan sepertiga dari seluruh anak usia 7 tahun hingga 10 tahun mengunjungi Facebook agar pada minggu terakhir, bersama dengan 71 persen dari 11 dan 12 tahun dan 85 persen dari 13-16 tahun.

Seorang juru bicara untuk ChildWise berkata: "Jumlah anak-anak dengan laptop atau PC sekarang ini sama dengan televisi, tetapi TV terus memainkan peran penting. Cara mereka mengawasi terus berubah. Anak-anak mencari program yang mereka inginkan, bila mereka menginginkannya".

Margaret Morrissey lobi kelompok Orangtua Outloud, mengatakan anak-anak tidak bisa disalahkan karena menghabiskan waktu di komputer atau di depan TV.

"Kami tidak bisa mengeluh generasi muda yang bertanggung jawab ketika mereka (anak-anak) menggunakan hal-hal yang kami sediakan dan tidak memiliki ruang untuk melakukan rekreasi di luar ruangan," katanya.
Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...