Tidak Hanya Sekali, Pemerintah AS Sudah Pernah 18 Kali Tutup

G+


WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) memasuki hari ketiga setelah resmi tutup pada Jumat tengah malam. Ternyata ini bukanlah kejadian pertama dalam sejarah panjang negara semaju dan semodern AS. Dalam sejarahnya, penutupan pada Jumat kemarin adalah yang ke-18 kalinya.

Kebuntuan Kongres dalam menyetujui RUU pengeluaran menjadi penyebab pemerintah AS tutup tepat di satu tahun pemerintahan Presiden Donald Trump. Alhasil, kebuntuan ini menyebabkan penghentian sementara layanan sipil non esensial.

Lalu, pada medio kapan saja pemerintah AS mengalami masalah serupa? Berikut Sindonews sajikan kejadian serupa yang menimpa AS di masa lalu seperti dikutip dari Russia Today, Senin (22/1/2018).

2013 Obamacare

Penutupan pemerintah terakhir terjadi pada masa kepresidenan Obama pada tahun 2013 dan berlangsung dua minggu. Kala itu lebih dari 800 ribu pegawai federal dirumahkan selama periode ini.

Penutupan tersebut terjadi saat legislator tidak dapat mengatasi kebuntuan anggaran yang pahit atas undang-undang perawatan kesehatan Obama.

Ini bahkan mengilhami meme sendiri dengan hashtag #NoBudgetNoPants dan #PantsShutDown.

1995 - 1996 Shutdown ganda Clinton

Bill Clinton mengalami dua penutupan pemerintah dalam waktu berminggu-minggu di tahun 1995. Kebuntuan pertama terjadi pada bulan November setelah Clinton memveto undang-undang pengeluaran yang disahkan oleh Kongres yang dikuasai Republik. Pendanaan telah selesai selama lima hari dan sekitar 800 ribu karyawan dirumahkan.

Pada bulan Desember, perselisihan lanjutan mengenai tingkat pendanaan untuk program asuransi kesehatan Medicare untuk orang tua dan masalah lainnya mengakibatkan selisih kedua dalam pendanaan pemerintah selama 21 hari. Sekitar 280 ribu pekerja dirumahkan sampai sebuah resolusi terpenuhi pada 6 Januari 1996.

1990 George H.W.Bush

Penutupan selama tiga hari terjadi mulai 5 Oktober 1990 ketika George H.W. Bush berjanji untuk memveto resolusi berkelanjutan yang tidak melibatkan rencana untuk mengurangi defisit.

DPR AS mencoba mengesampingkan veto dan gagal, memaksa penutupan pada akhir pekan.

1980-an rangkaian shutdown Reagan
Ronald Reagan menetapkan catatan shutdown yang masih berdiri, mencatat delapan shutdown antara tahun tahun 1981 dan 1987. Semua ini berlangsung selama satu dan tiga hari.

Penutupan tahun 1981 adalah pertama kalinya dimana kesenjangan dana mengakibatkan pengurangan yang parah dalam operasi pemerintah - yang melibatkan 241 ribu pekerja federal.

Semenatar itu berdasarkan catatan, penutupan pemerintah AS pertama kali terjadi pada masa kepresidenan Gerald Ford pada tahun 1976 setelah pemberlakukan Undang-Undang Anggaran Kongres tahun 1974. 


Sumber : Sindonews.com
Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...