90% Puskesmas Terakreditasi pada 2018

G+

MAKASSAR - Sebanyak 90% lebih Puskesmas di Sulawesi Selatan diprediksi terakreditasi pada 2018 mendatang.

Hal itu diucapkan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Numang, pada acara Ramah Tamah dalam rangka peringatan hari Kesehatan Nasional ke 53 yang berlangsung di Baruga Karaeng Patingalloang, Senin (13/11/2017), melalui rilis tertulis.

Agus mengatakan, kemajuan bidang pelayanan kesehatan di Sulawesi Selatan terlihat dengan mewujudkannya Puskesmas yang terakreditasi. Saat ini terdapat 64,7 % Puskesmas yang tersebar di Sulawesi Selatan telah terakreditasi.

"Tahun 2018 mendatang diprediksi 90 % lebih Puskesmas akan terakreditasi. Sementara Rumah Sakit yang telah terakreditasi sebanyak 44,9 % dengan peringkat, 3 rumah sakit paripurna, 4 yang utama, 2 peringkat Madya, dan 3 dasar, serta 22 peringkat perdana," jelasnya.

Agus Arifin Numang menambahkan, upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk mengangkat tingkat kesehatan masyarakat selama ini membuahkan hasil yang sangat menggembirakan.

Menurut Agus, keberhasilan itu karena didukung oleh pembiayaan yang memadai, yakni mencapai 10,42% dari APBD Sulawesi Selatan dikucurkan untuk kesehatan.

Jumlah tersebut dikatakan menjadi proporsi pembiayaan kesehatan terbesar yang ada di Indonesia untuk tingkat provinsi. Bukan hanya itu, pembiayaan untuk program kesehatan yang bersumber dari dana APBN untuk Sulawesi Selatan mencapai Rp600 Milyar.

"Dari upaya keras yang telah dilakukan dengan dana yang tersedia, maka Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah mewujudkan 24 Kabupaten Dan Kota yang ada di Sulawesi Selatan menjadi Kabupaten dan Kota Sehat," imbuhnya.


Sumber : sindonews.com

Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...