Hati-hati, Bun, Akun Pedofil Incar Anak-anak Bersinglet

G+

Jakarta - Bayangkan, Bun, jika foto anak kita ada di dalam akun media sosial sosok pedofil. Tentu marah dan kesal sekali ya. Jadi merasa keamanan anak terancam.

Baru-baru ini di media sosial, baik Facebook, Twitter maupun Instagram muncul akun-akun pedofil yang mengunggah foto-foto anak laki-laki menggunakan singlet. Si pemilik akun bahkan memasang foto bocah mirip Azka, anak selebriti Deddy Corbuzier, yang memang sedang mengenakan singlet.

Entah karena iseng, hanya mencari sensasi, atau benar-benar pedofil, akun di Instagram ini memang menunjukkan ketertarikan si pemilik akun pada anak laki-laki. Salah satu akun pedofil di Instagram bahkan sudah diikuti oleh lebih dari 500 orang.

Warganet menyampaikan kegeramannya atas kemunculan akun pedofil ini. Akun gosip @makrumpita yang turut mengabarkan keberadaan akun-akun tersebut juga me-mention @divisihumaspolri, @polisi_indonesia, @komnasanak dan @nafaurbach dalam postingannya.

"Makanya dunia udah tua, jaman makin eydannn... gila masa sama singlet gitu dia napsu, sakit mereka," komentar salah seorang pengguna Instagram.
"Hati-hati, jaga anak kalian, ga usah lagi pajang foto-foto anak kalian di medsos," pesan pengguna Instagram lainnya.

Pedofil sendiri, Bun, apabila dilihat dari sisi medis merupakan salah satu bentuk gangguan mental bernama parafilia. Pengidap parafilia ini mempunyai kelainan otak yang membuatnya bisa terangsang secara seksual ketika berinteraksi dengan objek tertentu yang tak biasa.

Nah, tugas kita sebagai orang tua untuk melindungi anak dari ancaman para pedofil online. Selain melaporkan kepada yang berwajib, psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi, MSi, memberikan saran agar kita nggak sungkan untuk membekali anak dengan pendidikan seksual sebelum mereka mengenal internet dengan segudang informasi yang belum tentu semuanya benar.

Yang nggak kalah penting adalah kita mempertimbangkan terlebih dulu foto anak yang akan kita posting di media sosial. Sebab kata Dewi Widya Ningrum yang aktif membantu kampanye program Internet Sehat yang digagas oleh ICT Watch, setelah kita memposting foto di media sosial, foto-foto itu tidak lagi dapat dikontrol penggunaannya. Jadi orang lain bisa saja dengan mudah menyalin foto tersebut, lalu men-tag, menyimpan, atau menggunakannya untuk keperluan lain yang bisa merugikan kita sebagai pemilik foto.

Belum lama ini, penyanyi Nafa Urbach juga resah dengan komentar 'loli' pada postingan foto putrinya Mikhaela Lee Jowono (6) dalam sebuah artikel berita. Nafa pun berkonsultasi ke Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya untuk langkah selanjutnya. Dari konsultasi itu, Nafa mengaku menjadi lebih berhati-hati dalam memposting foto anaknya di media sosial.

"Saya akhirnya sekarang tidak bisa memposting foto anak sebebas yang saya mau. Khawatir terus ya efeknya, terutama kepada ibu-ibu. Saya juga jadi tidak bisa kerja jauh-jauh dan lama-lama," ucap Nafa.


Sumber : HaiBunda.com

Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...