Berlebihan Olahraga Bisa Menyebabkan Kulit Berkeriput

G+

JAKARTA - Olahraga merupakan cara mudah menjaga tubuh agar tetap sehat. Namun jika dilakukan secara berlebihan, kegiatan ini juga bisa mengancam kesehatan. Hal ini pun telah terbukti melalui sejumlah penelitian.

Spesialis gizi klinik dari MRCCC Siloam Hospital Semanggi, Dr dr Samuel Oetoro, Ms, SpGK menjelaskan, bahwa meski memberikan banyak manfaat, namun jika dilakukan secara berlebihan, olahraga bisa mengakibatkan pelepasan radikal bebas berlebihan.

"Semakin sering olahraga maka pelepasan radikal bebas berlebihan semakin sering terjadi," papar dr Samuel.

Kondisi ini pun tidak bisa anggap spele. Pasalnya, pelepasan radikal bebas terlalu banyak bisa membuat pembuluh darah rusak sehingga kulit akan menjadi kusam dan terlihat lebih tua.

"Pelepasan radikal bebas berupa kumpulan atom yang bersifat merusak pembuluh darah dan kolagen dalam kulit. Kulit menjadi kusam dan terlihat seperti tua. Makannya personal trainer di fitnes center itu yang cewek seperti terlihat sudah tua," kata dia.

Kendati demikian, hal ini bisa diatasi. Salah satunya dengan mengonsumsi antioksidan kadar tinggi dari berbagai jenis makanan. "Saat antioksidan dari satu jenis makanan melepaskan radikal bebas dalam tubuh, ia juga menyerap radikal bebas jenis lain. Oleh karena itu, perlu berbagai jenis antioksidan untuk memghilangkan radikal bebas," ujar dia.


Sumber : sindonews.com

Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...