6 Efek Negatif Mengonsumsi Diet Soda untuk Kesehatan

G+

JAKARTA - Mengonsumsi minuman bersoda tentu kerap kali dilakukan terutama bagi mereka yang sibuk dengan beraga, aktivitas dan lebih memilih untuk membeli makanan dan minuman yang cepat dan simple. Bahkan, bagi mereka yang sedang memulai hidup sehat kerap memilih diet soda sebagai alternatif pengganti minuman bersoda mereka.

Namun, tahu kah Anda bahwa diet soda tidak benar-benar ‘menyelamatkan’ hidup Anda? Dikutip dari Boldsky, berikut beberapa efek negatif dalam hal kesehatan jika Anda kerap mengonsumsi diet soda.

1. Risiko diabetes

Memiliki kebiasaan minum diet soda setiap hari adalah hal yang berbahaya untuk dilakukan, karena ini dapat memicu risiko diabetes tipe II. Menurut berbagai penelitian, pemanis buatan yang hadir di diet soda bisa membingungkan sistem metabolisme yang menyebabkan nafsu makan terstimulasi dan terdistorsi. Selain itu, pemanis buatan yang hadir dalam minuman ini juga dapat memengaruhi mikroba yang ada di usus, sehingga dapat menyebabkan diabetes.

2. Sakit kepala
Meskipun pemanis buatan yang hadir dalam makanan soda dapat memberi Anda kepuasan sementara untuk mengatasi hasrat manis Anda. Menurut National Institute of Health, pemanis tersebut dapat menyebabkan kondisi sakit kepala yang parah. Dalam beberapa diet soda terdapat pemanis aspartame atau sucralose yang efek sampingnya adalah menambah sakit kepala.

3. Tidak baik untuk tulang
Jika Anda mengonsumsi minuman bersoda ini cukup sering ternyata dapat dengan mudah memengaruhi tulang Anda. Asam fosfat yang hadir dalam minuman berbahaya ini memiliki kecenderungan untuk menyerap kalsium yang ada di tulang yang dapat menyebabkan kerusakan tulang, osteoporosis, patah tulang, dan yang lainnya.

4. Obesitas
Bertambahnya berat badan adalah efek samping dari minuman bersoda ini. Tak hanya meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan dan minuman manis, minuman ini juga dapat membingungkan reseptor otak, karena sensasi manis dari minuman ini tidak memiliki kaitan dengan aliran kalori. Hasilnya adalah asupan makanan akan berlebih dan kemudian menyebabkan obesitas.

5. Dehidrasi
Dehidrasi memiliki hubungan langsung dengan konsumsi diet soda. Kandungan gizi yang kosong dan kafein pada minuman ini berkontribusi terhadap dehidrasi. Soda memiliki sifat diuretik, yang membuat Anda sering buang air kecil, sehingga merampas tubuh kita dari air yang sangat dibutuhkan.

6. Mempengaruhi jantung dan ginjal
Beberapa jenis penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum diet soda akan mendapatkan risiko lebih besar pada organ vital mereka, terutama jantung dan ginjal. Mereka yang gemar minum diet soda akan mengalami penurunan fungsi ginjal hingga sekitar 30% dan rentan terhadap serangan jantung.


Sumber : sindonews.com

Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...