SoundCloud Terancam Gulung Tikar

G+

Jakarta, Dunianews.net - Situs streaming musik SoundCloud terancam kehabisan 'bahan bakar' alias bangkrut di akhir tahun 2017. Ada kemungkinan layanan musik favorit artis pendatang baru ini bakal diakuisisi.

Sinyal bahaya keuangan SoundCloud datang dari laporan The Financial Times. Mereka menyebut jika SoundCloud tak segera menemukan investor baru, bisa jadi kebangkrutan menerpa mereka.

Dalam pembukuan tahun 2015, SoundCloud sebenarnya mencatat kenaikan pendapatan 21,6 persen sebesar US$22 juta. Naiknya pendapatan mereka ini berkat peluncuran layanan musik premium SoundCloud Go pada Maret 2016 lalu.

Baca Juga : Samsung Diam-diam Rancang Ponsel Layar Lipat dan Galaxy Baru


Namun di saat yang sama, SoundCloud Go tidak bisa mengangkat mereka dari kerugian yang makin tajam. Tercatat kerugian yang mereka telan membengkak hingga 30,9 persen ke angka US$52 juta.

Walaupun perolehan dari biaya langanan SoundCloud Go cukup menjanjikan, SoundCloud masih harus bekerja keras menghadapi persaingan ketat di layanan akses musik premium lain seperti Pandora dan Spotify yang lebih dulu dikenal publik.

Mengutip dari laman Music Business Worldwide (MBW), salah satu pendiri dan CEO SoundCloud Alexander Ljung sempat menyiratkan kekhawatirannya terhadap keuangan perusahaan. Ia merasa pada kehabisan dana ini bisa terjadi sebelum penghujung akhir tahun.

"Walau jajaran direktur yakin bisa memperoleh dana tambahan sampai 31 Desember 2017, risiko dan ketidakpastian bisa berakibat perusahaan ini kehabisan uang lebih dini, dan memaksa kami mencari dana tambahan yang belum direncanakan," ujar Ljung kepada MBW, Kamis (5/1).

Ketidakpastian masa depan SoundCloud ini mengundang perusahaan lain untuk mengakuisisinya. Pada September lalu Spotify sempat serius membelinya dengan mahar US$1 miliar. Rencana ini kandas lantaran Spotify ingin lebih fokus ke penjualan saham publik perdana (IPO).



Baca Juga : Virus Flame Terkait Stuxnet?

Sedangkan pada awal tahun ini Google dikabarkan menjadi pihak teranyar yang tertarik mengambil alih kepemilikan SoundCloud dengan harga sekitar US$500 juta.



Saat ini SoundCloud merupakan salah satu platform musik daring terbesar dengan basis pengguna mencapai 175 juta. SoundCloud populer berkat jenis konten yang beragam dan tempat menikmati musisi serta lagu baru. 


Sumber : CNN Indonesia

Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...