Hamil di Usia Tua Picu Bayi Lahir Cacat

G+

JAKARTA - Menjadi ibu dan memiliki anak merupakan impian setiap wanita. Khususnya mereka yang sudah menikah lama dan menantikan hadirnya buah hati. Sayang untuk sebagian wanita, hamil bukanlah perkara mudah. Mereka harus menunggu dan melakukan berbagai cara agar bisa hamil.

Akibatnya tak jarang dari sebagian wanita, hamil di usia yang tak lagi muda. Halnya ini dialami penyanyi Janet Jackson. Dia dikabarkan baru melahirkan anak pertamanya dari pernikahannya dengan Wissam Al Mana. Adik mendiang Michael Jackson ini hamil di usia 50 tahun.

Menurut sejumlah pakar kesehatan, ada banyak risiko yang akan dihadapi wanita hamil di atas 35 tahun. Dilansir Mayoclinic, risiko tersebut di antaranya kesuburan yang mulai menurun.

Secara alamiah, setiap wanita terlahir dengan jumlah sel telur yang terbatas. Namun saat usia 30 tahun, kualitas dan kuantitas sel telur akan berkurang. Kabar buruknya, sel telur di usia ini tidak mudah dibuahi dibandingkan wanita dengan usia yang lebih muda.

Kendati demikian, bukan berarti wanita di usia ini tidak bisa hamil. Tetap akan hamil, namun membutuhkan waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, para pakar kesehatan menyarankan wanita dengan usia lebih dari 35 tahun dan belum hamil dalam waktu enam bulan, sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk berkonsultasi.

Selain kesuburan yang mulai menurun, hamil di usia juga berisiko melahirkan anak cacat fisik dan mental. Hal ini disebabkan oleh kualitas kromosom wanita di usia menginjak 40 tahun tidak sebaik di usia muda.


Sumber : Sindonews

Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...