Gubernur BI: Mata Uang RI Terbaik Kedua Setelah Jepang

G+

Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) secara year to date (ytd) tercatat mengalami kenaikan sebesar 2,34%. Mengutip data perdagangan Reuters, dolar AS siang ini bergerak di level Rp 13.470.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengungkapkan, posisi rupiah saat ini merupakan nomor dua terbaik setelah mata uang yen, Jepang.

"Nilai tukarnya ada di kisaran Rp 13.470, jadi secara year to date, Indonesia mata uangnya kalau di Asia, nomor dua terbaik di bawah Jepang. Jadi year to date-nya ada apresiasi 2,34%," ujarnya saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (3/1/2016).

Dia menjelaskan, pergerakan nilai tukar rupiah cukup terjaga volatilitasnya sehingga di tahun ini, pihaknya optimistis rupiah akan berjalan lebih stabil.

"Kita melihat volatilitasnya juga terjaga dengan baik. Jadi secara umum, kita optimistis tahun 2017," katanya.

Agus meyakini, tahun ini merupakan tahun recovery untuk nilai tukar rupiah setelah dalam 2 tahun terakhir cukup menantang.

"Tentu kita sebut ini sebagai tahun recovery. Karena memang di tahun 2015-2016 adalah tahun yang cukup sulit bagi dunia, termasuk Indonesia," tandasnya.




Sumber : detik

Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...