Aliansi BEM se-Indonesia Gelar Demo Serentak Hari Ini

G+

Jakarta, Dunianews.net - Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia berencana menggelar demonstrasi secara serentak di 19 titik di seluruh Indonesia, termasuk di Jakarta, hari ini, Kamis (12/1). Aksi itu diklaim bakal melibatkan ribuan mahasiswa dari berbagai kampus.

"Benar, kami akan menggelar aksi besok (hari ini). Teklap (teknis lapangan) sudah dilakukan. Di Yogyakarta, aksi akan dimulai dari Tugu Yogyakarta, lalu long march menuju DPRD," kata Koordinator Aliansi BEM seluruh Indonesia wilayah Yogyakarta-Jawa Tengah, Zaki Mukarom, kepada CNNIndonesia.com, kemarin malam.

Aliansi BEM seluruh Indonesia mengajukan tiga tuntutan kepada pemerintah. Salah satunya adalah menuntut dicabutnya PP No.60 Tahun 2016 tentang kenaikan tarif penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Baca Juga : Timnas Menang, Laptop Jokowi Malah Ramai Dibicarakan "Netizen"

Selain itu, Aliansi BEM seluruh Indonesia juga menolak kenaikan tarif dasar listrik golongan 900 VA dan mendesak dikembalikannya subsidi untuk tarif dasar listrik golongan 900 VA.

Aliansi BEM menilai kebijakan itu semakin membebani rakyat. "Ditambah lagi saling lempar tanggung jawab dengan kebijakan yang mereka ambil sendiri, seakan pemerintah hari ini tidak serius dalam mengurusi rakyatnya," kata Zaki.

Demo hari ini digelar serentak di 19 kota di Indonesia antara lain Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, hingga Merauke.

Koordinator Aliansi BEM seluruh Indonesia untuk wilayah Jawa Timur, Ahmad Choirudin mengatakan, masing-masing universitas atau kampus yang tergabung dalam aliansi diminta untuk mengerahkan sedikitnya 200 hingga 1000 mahasiswa dalam aksi esok.

Di Jawa Timur, kata Choirudin, demo akan dipusatkan di Tugu Pahlawan, Surabaya. Setelah itu, massa mahasiswa akan berjalan menuju Gedung DPRD.

Adapun demo di Jakarta akan terpusat di Istana Negara. Belum diketahui jumlah mahasiswa yang hadir dalam demo di Jakarta itu.

Baca Juga : Metro TV Tuduh 22 Media Islam Penyebar Hoax, Forjim: Itu Fitnah dan Hoax Sejati!

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengonfirmasi aksi yang digelar mahasiswa tersebut. Dia mengatakan izin kegiatan sudah masuk dan rencananya, khusus Jakarta, titik berkumpul massa dikonsentrasikan di areal silang Monas.

"Untuk pengamanan kami sudah siagakan personel. Sementara daerah-daerah lain itu sudah ada masing-masing Polda yang mengamankan, kami fokus yang di sini (Jakarta) saja. Yang terpenting harapan kami kegiatan ini berjalan lancar," ujar Argo saat dikonfirmasi CNNIdonesia.com.


Sumber : CNN Indonesia

Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...