Keren, Jalanan di Prancis Dibangun dengan Panel Surya

G+

Tourouvre-au-Perche - Kalau di Indonesia panel surya terselip pada lampu jalanan yang berfungsi untuk membantu lampu penerangan jalanan. Berbeda dengan di Prancis, panel surya terselip di dalam jalanan.

Dikutip Leftlanenews, Rabu (28/12/2016), ide gila jalanan dengan panel surya ini berada di Tourouvre-au-Perche di Normandy, Prancis.

Panel surya ini terselip sepanjang 1 kilometer dan disebut sebagai 'Wattway'. Dikatakan ada sekitar 2.880 photovoltaic panel surya yang mampu mengeluarkan daya listrik hingga 1.500 kWh per hari saat musim panas.

Hebatnya lagi 20 meter persegi panel Wattway dikatakan juga mampu menyediakan listrik untuk memasok satu rumah. Atau mampu menyediakan tenaga listrik 1.000 jam per tahun.

Tapi bagaimana cara pembuatannya ya? Dikatakan beda jalanan biasa dengan jalanan panel surya ini terletak pada permukaan jalan yang terbuat dari komposit berlapis yang menempatkan sel PV di bawah permukaan pelindung dan lapisan bertekstur, sehingga akan menyediakan permukaan grippy untuk ban kendaraan.

Perusahaan mengklaim teknologi Wattway ini juga bisa diselipkan di jalan biasa. Sehingga tidak membutuhkan struktur jalanan baru. Namun, untuk bisa mengoperasikan jalanan ini, jelas tidaklah murah.

Dikatakan untuk bisa membangun jalanan panel surya satu jalur menghabiskan dana hingga 5 juta euro.







Sumber : detik


Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...