Cegah Kecelakaan Saat Memarkir, Toyota Punya Sistem Sonar

G+

Tokyo -Ketika memarkir mobil, tak sedikit kasus pengemudi yang salah injak pedal. Alih-alih menginjak pedal rem, mereka malah menginjak pedal gas sampai dalam. Walhasil, mobil menabrak halangan ketika memarkir.

Untuk mencegah hal itu, Toyota punya sistem bernama Intelligent Clearance Sonar (ICS). Sistem ini dilahirkan setelah pabrikan itu melakukan survei mengenai kecelakaan di tempat parkir.

Dengan sistem ICS ini, Toyota bisa mengurangi 70 persen kasus kecelakaan akibat salah injak pedal. Selain itu, sistem ini juga bisa mengurangi kecelakaan 40 persen ketika pengemudi memundurkan mobil tapi tidak bisa melihat rintangan di belakang.

Dilansir Carscoops, Rabu (28/12/2016), survei telah dilakukan Toyota selama periode 18 bulan dari Januari 2015 sampai Juni 2016 di Jepang. Sebanyak 26.000 mobil yang telah dilengkapi dengan ICS berhasil membuktikan bisa mengurangi kecelakaan yang melibatkan kesalahan injak pedal serta kecelakaan akibat pengemudi tidak melihat objek hambatan saat memundurkan mobil.

Sistem ICS bekerja dengan menggunakan sonar untuk mendeteksi hambatan ketika mobil digas secara mendadak karena salah injak pedal. Ketika sonar mendeteksi objek, meski pengemudinya masih menginjak pedal gas dalam-dalam, namun mobil tetap berhenti secara otomatis.

Dalam studinya, model-model seperti Alphard, Vellfire dan Prius lansiran 2015 telah dibekali sensor tambahan untuk meningkatkan jangkauan deteksi sistem. 


Sumber : detik
Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...