Berisiko Bikin Anak Tersedak, Perlu Label Peringatan pada Anggur dan Ceri

G+

Jakarta, Buah dan sayur bisa jadi camilan ideal untuk anak-anak. Akan tetapi beberapa jenis buah dan sayur justru berpotensi menimbulkan bahaya saat dimakan anak.

Seperti yang dilaporkan dua dokter dari Skotlandia baru-baru ini, Dr Jamie Cooper and Dr Amy Lumsden. Menurut mereka, buah seperti ceri dan anggur berisiko menyebabkan anak tersedak ketika dimakan.

Mereka sendiri menemukan makanan menjadi faktor penyebab dari lebih dari separuh kasus tersedak yang fatal atau menyebabkan kematian pada anak berusia di bawah lima tahun.

Kebetulan anggur berada di peringkat ketiga sebagai penyebab utamanya, setelah hotdog dan permen. Peneliti mengatakan, ukuran anggur dianggap 'ideal' untuk menghalangi jalan napas si anak. Demikian seperti dilaporkan The Telegraph.

Hal ini karena permukaan anggur mulus dan empuk sehingga bisa masuk dengan mudah ke dalam tubuh anak, sekaligus mudah 'tersangkut' di tenggorokan anak. Padahal anggur bisa dibilang sebagai salah satu buah yang populer di kalangan anak-anak.

"Permukaannya yang lunak juga menyulitkan dokter ketika tersangkut dan harus ditangani dengan P3K," lanjut peneliti.

Sebagai gambaran, peneliti mengatakan ada beberapa kasus tersedak yang menyebabkan seorang anak meninggal dunia di Skotlandia. Insiden mengenaskan ini terjadi pada anak laki-laki berusia lima tahun setelah memakan sebutir anggur sepulang sekolah. Tujuh-belas bulan kemudian ada anak lain yang meninggal karena alasan serupa.

"Kebanyakan peringatan seperti ini hanya diberikan pada mainan berukuran kecil, padahal label serupa dibutuhkan juga pada kemasan makanan," ungkap peneliti yang juga dokter IGD dari Aberdeen Royal Infirmary tersebut.

Untuk itu peneliti ingin industri makanan memberikan semacam label 'safety warning' pada bahan-bahan yang diketahui dapat memicu risiko tersedak tersebut, semisal menuliskan anjuran untuk memotong buah tersebut sebelum diberikan kepada si kecil. Mereka juga meminta agar orang tua lebih mengawasi anak-anaknya saat makan.


Sumber : detik

Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...