Toyota kolaborasi dengan Ford

G+

Jakarta (Dunia News) - Toyota Motor Corp dan Ford Motor Co akan bekerja sama membangun truk hybrid dan SUV. Kendaraan-kendaraan hasil kerjasama itu akan tersedia akhir dekade ini, kata kedua perusahaan tersebut awal pekan ini seperti dikutip Reuters.

Dua raksasa otomotif itu akan bekerja sama dalam pengembangan produk kendaraan berpenggerak roda belakang. Mereka juga bekerja sama membangun telepon, internet navigasi dan sistem entertainment kendaraan tersebut.

Vice president Toyota Takeshi Uchiymada dan kepala pengembangan produk Ford, Derrick Kuzak mengemukakan kerjasama itu akan membantu mereka memenuhi persyaratan ketat tentang standar hemat BBM yang akan diberlakukan pada tahun-tahun mendatang oleh pemerintah Amerika Serikat.

"Kolaborasi ini perlu untuk menghadapi tantangan global yaitu independensi energi dan lingkungan yang berkelanjutan," kata Ford Chief Executive Alan Mulally dalam pernyataan tertulis.

Toyota selama ini terbesar dalam hybrid berkat sedan Prius yang diperkenalkan mulai 1997. Sedan yang sudah laku 3,3 juta unit berpenggerak roda depan.

Ford terbesar dalam truk pick-up dengan pasar terbesar di Amerika Serikat serta Kanada.

Rincian kerjasama itu akan selesai tahun 2012, kata Kuzak.

Uchiyamada yang juga kepala insinyur pembuat Prius mengemukakan lingkup dan biaya kerja sama tersebut masih akan dibahas.
(A038) ANT
Loading...
Follow Us :

About Dunia News

Media Online Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...